Cari Blog Ini

Sabtu, 24 September 2011

KONSEP TUHAN DALAM AJARAN BUDDHA

Buddha bukanlah Tuhan. Konsep Ketuhanan dalam agama Buddha tertulis dalam Sutta Pitaka, Udana VIII : 3. Ajaran Buddha meyakini bahwa ada sesuatu Yang Tidak Dilahirkan, Yang Tidak Menjelma, Yang Tidak Tercipta, Yang Mutlak. Apabila Tidak ada Yang Tidak Dilahirkan, Yang Tidak Menjelma, Yang Tidak Diciptakan, Yang Mutlak, maka tidak akan mungkin manusia dapat bebas dari kelahiran, penjelmaan, pembentukan, pemunculan dari sebab yang lalu. Karena ada Yang Tidak Dilahirkan, Yang Tidak Menjelma, Yang Tidak Tercipta, Yang Mutlak, maka ada kemungkinan untuk bebas dari kelahiran, penjelmaan, pembentukan, pemunculan dari sebab yang lalu (karma).

Dalam hal ini, Tuhan adalah sesuatu yang mutlak, yang tidak dapat dipersonifikasikan dan yang tidak dapat digambarkan dalam bentuk apa pun. Tetapi dengan adanya Yang Mutlak, yang tidak berkondisi (asankhata) maka manusia yang berkondisi (sankhata) dapat mencapai kebebasan dari lingkaran kehidupan (samsara) dengan cara bermeditasi.

Di dalam ajaran Buddha tujuan akhir hidup manusia adalah mencapai anuttara samyak sambodhi atau pencerahan sejati dimana batin manusia tidak perlu lagi mengalami proses tumimbal lahir. Untuk mencapai itu pertolongan dan bantuan pihak lain tidak ada pengaruhnya. Tidak ada dewa – dewi yang dapat membantu, hanya dengan usaha sendirilah kebuddhaan dapat dicapai. Buddha hanya merupakan contoh, juru pandu, dan guru bagi makhluk yang perlu melalui jalan mereka sendiri, mencapai pencerahan rohani, dan melihat kebenaran & realitas sebenar-benarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar